#MAKING INDONESIA 4.0 WITH SELISIK 2018

APA ITU “SELISIK” ? 



Sudah pernah dengar tentang SELISIK ?

SELISIK adalah agenda rutin yang digelar satu tahun sekali sebagai media bagi para praktisi dan akademisi se-Indonesia untuk berbagi ide dan pengalaman baru mengenai disiplin ilmu dibidang informatika dan telekomunikasi.

Kepanjangan dari SELISIK itu sendiri adalah Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika.

Tahun ini Sekolah Tinggi Teknologi Bandung ( STT Bandung ) menjadi tuan rumah SELISIK 2018. Mengangkat tema “Menyiapkan SDM untuk Menghadapi Industri 4.0” acara yang digelar pada hari Sabtu, 01 September 2018 di Harris Hotel, Festival Citylink Bandung menjadi momentum pertemuan ilmiah yang memadukan kegiatan diskusi sebagai sarana dalam menambah wawasan dibidang Informatika dan Telekomunikasi.

SELISIK juga memfasilitasi para akademisi untuk mempublikasikan karya-karya terbaiknya sehingga mampu meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia Indonesia di Tingkat dunia dengan mengadakan SELISIK IT AND ANIMATION COMPETITION 2018.”

PEMBUKAAN SELISIK 2018

Di awal acara, Ibu Harya Gusdevi, S.Kom., M.Kom. yang bertindak sebagai Ketua Panitia SELISIK 2018 menyampaikan mengenai laporan kegiatan. Kemudian dilanjutkan secara berturut-turut dengan kata sambutan oleh Bapak Muchammad Naseer, S.Kom., MT. selaku Ketua STT Bandung, Bapak Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp., M.Si., M.Kom. selaku Ketua APTIKOM Jabar, dan Bapak Prof. Uman Suherman AS, M.Pd.selaku Kepala LLDIKTI Wilayah IV yang sekaligus membuka secara resmi SELISIK 2018.
Sebagai wujud kerjasama diadakan pula penandatanganan MoU IndoCEISS dan NERIS dengan perguruan tinggi yang tergabung di IndoCEISS dan NERIS.


PENGUMUMAN PEMENANG
“SELISIK IT AND ANIMATION COMPETITION 2018”


Ada 3 kategori yang dikompetisikan pada SELISIK 2018 ini, yaitu kategori Games, Animasi dan Mobil Application. Kompetisi ini diikuti oleh para mahasiswa yang memiliki bakat dan minat terhadap dunia telekomunikasi dan informatika. Berikut adalah daftar para pemenang beserta foto-foto saat mereka menerima hadiah. Selamat J




PEMBICARA SELISIK 2018


KEYNOTE SPEAKER 1

Pembicara pertama SELISIK 2018 kali ini menghadirkan Ir. Priyantono Rudito, M.Bus., Ph.D . Beliau adalah Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Manajemen Strategis.
Beliau membawakan materi mengenai “Menyiapkan Sumber Daya Manusia untuk Menghadapi Industri 4.0 dengan Mengembangkan Digital Mastery”


Beliau merumuskan 3C, yaitu :
  1.     CONTEXT
  2.   CONCEPT
  3.    CONTENT

Mengutip penjelasan beliau bahwa untuk menghadapi industrri 4.0, aspek utama yang harus disiapkan adalah Human Capital (SDM).
Secara khusus, penyiapan Human Capital dilakukan dengan mengembangkan Digital Mastery (Digital Leadership dan Digital Capability).

Pendekatan membangun Digital Mastery dengan pendekatan TRILOGI
1.      Experiential Learning
2.      Coaching
3.      Unlocking from Within
Implementasi Trilogy memerlukan kolaborasi antar generasi.
Untuk mengakselerasi dan mencapai hasil yang maksimal, perlu dibentuk spirit quadrant ke-9.



KEYNOTE SPEAKER 2

Tampil sebagai pembicara kedua adalah Prof. Dr. M. Suyanto, M.M. Beliau adalah Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta.
AMIKOM Yogyakarta telah banyak sekali menerima penghargaan di bidang telekomunikasi dan infromatika. Mahasiswa maupun alumninya juga telah banyak yang berhasil dalam bisnis di dunia digital dengan penghasilan yang cukup besar.
Human Capital / SDM yang dapat menghadapi industry 4.0 meliputi 4 bidang, yaitu Professional. Entrepreneur, Scientist & Artist.
AMIKOM Yogyakarta sendiri sudah memiliki visi menjadi perguruan tinggi unggulan dunia dalam bidang ekonomi kreatif yang berbasis entrepreunership. Hal ini telah dibuktikan dengan berbagai macam penghargaan dan pencapaian yang diperoleh dari mahasiswa maupun tenaga pendidik AMIKOM Yogyakarta baik di tingkat dalam maupun luar negeri.

Materi yang dibawakan oleh dua pembicara ini sangatlah menarik dan berbobot. Terlebih lagi bagi insan pertelekomunikasian dan informatika. Secara awampun sudah sangat dirasakan bahwa masa depan yang notabene dipenuhi dengan kemajuan teknologi digital membutuhkan sumber daya manusia yang capable.

Dan kegiatan SELISIK ini mampu menjadi salah satu wadah dan motivator para generasi muda dan segala pihak yang terkait untuk lebih siap menjadi bibit-bibit pengharum nama bangsa dalam bidang telekomunikasi dan informatika.



Bravo SELISIK 2018.
Bravo STT Bandung dan seluruh pendukung acara ini.
Sampai jumpa di SELISIK 2019.




24 comments

  1. Keren, SELISIK bisa memfasilitasi para akademisi untuk mempublikasikan karya-karya terbaiknya untuk meningkatkan daya saing SDM Indonesia di Tingkat dunia

    ReplyDelete
  2. Saya baru tahu selisik dan kepanjangannya Mba. Wah seminarnya banyak sekali ilmunya dan sesuatu yang berbau kekinian ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak muda kudu sering sering dikasih materi beginian ya Bun

      Delete
  3. Kedua pembicaranya masih muda yah mbak, galfok sama keduanya deh..

    ReplyDelete
  4. "Semoga kegiatan SELISIK ini mampu menjadi salah satu wadah generasi muda dan segala pihak yang terkait untuk lebih siap menjadi bibit-bibit pengharum nama bangsa dalam bidang telekomunikasi dan informatika"
    Aamiin...Sebuah seminar yang bermanfaat ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Yes Mbak. Terimakasih sudah mampir 😘

      Delete
  5. Memeprsiapkan diri menghadapi induatri 4.0

    ReplyDelete
  6. Jadi penasaran pengin belajar lebih lanjut terkait persiapan revolusi Industri 4.0. Ya meskipun emak2, kita perlu bersipapiri juga kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak. Dhika juga berasa pengen jadi anak kuliahan lagi biar gak gaptek

      Delete
  7. Kereeeen banget ya acara seminarnya. Jadi semakin paham apa sih industri 4.0. Sekarang jadi nambah banget pengetahuannya hehe. Makasih infonya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama -sama Mbak. Terimakasih sudah mampir

      Delete
  8. Semoga event ini bisa menjadi pemicu bangsa Indonesia untuk terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan dunia digital ini ya.

    ReplyDelete
  9. Salut banget sama STT Bandung yg udah menyelenggarakan acara sekeren ini ...

    ReplyDelete
  10. SELISIK, membuka pemahaman mengenai fungsi teknologi, agar dapat diimplementasikan dan dimanfaatkan dengan baik dan lebih mudah untuk sesama. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  11. Semoga Emak juga semangat meng-updet ilmu biar gak gaptek, yak

    ReplyDelete
  12. Mengikuti seminar nasional ini semakin membuka wawasan saya tentang revolusi industri

    ReplyDelete
  13. Ekonomi kreatif berbasis virtual enterpreneurship-nya AMIKOM itu keren banget, ya? Sudah menyiapkan mahasiswanya untuk tantangan global banget.

    ReplyDelete
  14. Untuk bisa bersaing di dunia yang dinamis ini, kita memang harus siap dan skillful biar nggak kelibas sama yang lain ya Bundo. Semangat!!

    ReplyDelete
  15. Berbobot ya acara selisik memberi info seputar revolusi induatri 4.0 beserta cara menghadapi revolusi itu. Top deh

    ReplyDelete
  16. Selisik patut diacungi jempol nih karena membawa aura yg sangat positif untuk masyarakat yang ingin maju. Tanpa pengetahuan yang memadai mana bisa kita mengejar arus dunia digital

    ReplyDelete