Nikmatnya Sensasi Kapal Selam di Amuk Bay Bali

Nikmatnya Sensasi Kapal Selam di Amuk Bay Bali

Apakah anda sedang merencanakan liburan ke Bali bersama keluarga? Jika ya, anda harus membaca artikel ini sampai tuntas. Selama ini, liburan keluarga di Bali banyak diisi dengan bermain di pantai pasir putihnya, menyaksikan keindahan pura dan suasana alam pedesaan, menikmati sejuknya udara pegunungan, menonton berbagai pertunjukan kebudayaan Bali atau mengunjungi tempat wisata seperti bali safari, bali zoo, bali bird park, dan aneka tempat perbelanjaan. Lalu bagaimana jika kali ini anda saya ajak untuk mencoba wisata petualangan bawah air?
Saya bersama suami dan anak-anak melakukan perjalanan ke perairan Bali timur yang terkenal akan keindahan panorama alam bawah laut. Arus air nya tenang dan air laut yang jernih membuat saya harus menahan diri untuk tidak segera melompat bermain air disana.
Perjalanan dari kota Denpasar sekitar satu setengah jam menuju perairan pelabuhan Amuk di kabupaten Karangasem lokasi tujuan kami. Wisatawan asing menyebut daerah ini dengan sebutan Amuk Bay Bali.
water-sport-bali.com
Untuk menikmati pemandangan bawah laut di Amuk Bay Bali biasanya dilakukan kegiatan Snorkeling, Scuba dive dan Dive Walker. Lalu bagaimana jika kita tidak bisa berenang? Atau turut serta orangtua dan balita dalam rombongan wisata kita? Nah, jangan khawatir. Saya juga membawa baby Haneen yang berusia 1,5 tahun kesana. Dan sudah merencanakan untuk tetap dapat menikmati keindahan bawah laut Amuk Bay Bali dengan mengikuti aktivitas menggunakan Bali Odyssey Submarine.
Kapal selam di Amuk Bay Bali ini sensasinya luar biasa lho. Tidak seperti kapal selam Palembang yang selama ini saya nikmati bersama seruputan kuah cukonya. Yang ini benar-benar kapal selam tanpa telur. Hehehe. This is it : The real kapal selam  “Bali Odyssey Submarine”


Kapal selam Odyssey ini sangat aman dan canggih. Kapal buatan Victoria Machinery Depot Co.Ltd dengan bobot 72,6 ton ini menggunakan tenaga battery yang sangat ramah lingkungan. Kemampuan selamnya hingga kedalaman laut 35 meter. Spesifikasi panjangnya  17 meter, lebar 4 meter, tinggi 5,5 meter dan kemampuan daya angkutnya 3.500kg. Ada 36 seat penumpang dalam kapal selam ini. Di dunia, wisata kapal selam Odyssey  hanya beroperasi di dua tempat. Yaitu di perairan Maui Hawai, Amerika Serikat dan satu lagi di peraian AMuk Bay Bali.


Kapal selam canggih ini akan membawa kita ke kedalaman 35 meter dibawah permukaan laut selama 45 menit. Tentunya pemandangan yang disajikan pada kedalaman ini jauh lebih bagus dan cantik. Aneka ragam ikan hias, terumbu karang beraneka warna, dan biota laut lainnya akan menjadi suguhan yang sensasional. Pemandangan bawah laut seperti ini biasanya hanya bisa dinikmati oleh penyelam yang sangat  professional. Namun sekarang kita bisa merasakan sensasi dunia bawah laut nan eksotis dan menawan.

submarinebali.com
Oya, sebelum kita naik ke kapal selam, kita akan berkumpul dulu di anjungan. Mereka akan menjelaskan dan menayangkan video prosedur keselamatan mirip seperti di pesawat sebelum landing. Kita juga disarankan untuk ke toilet dulu karena di dalam kapal selam tidak ada toiletnya. Petugas akan melakukan cek pada tiket kita dan kemudia akan menimbang berat badan setiap peserta . Mereka juga memasangkan pelampung pengaman berbentuk jaket sesuai ukuran peserta tour
. Dari anjungan ini kita akan naik kapal sekitar 5 menit menuju kapal selam Oddyysey Submarine berada. Kita akan berjalan mundur dan menuruni tangga untuk masuk ke dalam kapal selam. Kapal selam ini full AC dan sangat nyaman. Jumlah kursi penumpang ada 36 buah.Pemandu wisata yang fasih dalam beberapa bahasa sangat membantu wisatawan asing yang bergabung dalam perjalanan bawah laut ini.
Saya berkesempatan duduk di belakang pilot kapal selam. Tombol tombol begitu banyak menghiasi dinding kemudi. Komunikasi dengan pusat juga tak pernah terputus. Membayangkan berada 35 meter di bawah permukaan laut itu membuat jantung saya sedikit berdebar kencang.  Tapi harus saya tutupi agar anak-anak juga tidak takut. Kesunyian dunia bawah laut sempat terasa saat kapal berangsur turun.





Pilot Odyssey Submarine Bali
fotonya kurang terang karena suasana di dalam kapal yang remang remang

Petualangan dunia bawah laut ini bisa diikuti oleh semua kelompok usia. Bahkan bayi juga sudah diperbolehkan ikut. Setelah 45 menit menjelajahi dunia bawah air, kita akan kembali ke anjungan menggunakan kapal motor yang sama dengan saat berangkat tadi.
Di anjungan, suguhan makan siang prasmanan sudah menyambut kami. Menunya sangat menggoda. Mulai dari makanan Indonesia , seafood, hingga beberapa menu ke bule-bule an juga tersaji menggoda. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian sertifikat bagi semua peserta.
Abaikan pose kami yaaa.. beginilah kalau bawa anak anak piknik

sertifikat bukti sudah pernah sampai di kedalaman 35m di bawah permukaan laut

Tak rugi merogoh kocek agak dalam kali ini. Karena sensasi dan pengalaman yang didapatkan sangat sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Mereka juga tidak menerima peserta tour yang go show atau langsung datang. Jadi kita memang harus membeli tiket jauh hari sebelumnya.  Saran saya, anda bisa mencari tiket dari tour and travel yang terpercaya untuk bisa mendapatkan harga yang kompetitif. Silahkan browsing dan mencari tawaran terbaik ya


Sedikit bocoran, berikut price list paket tiket selama di Amuk Bay dan transportasi dari hotel ke lokasi PP. Jika anda sudah memiliki kendaraan sendiri selama di Bali tentunya akan lebih hemat.

* Harga individual
   Dewasa Rp 650.000 / orang
   Anak-anak  ( 5 - 12 tahun ) : Rp 450.000 / orang
   Bayi < 5 tahun  : Rp 110.000 / orang

* Harga paket Family
   2 dewasa + 2 anak : Rp 1.980.000

sesi foto bersama dengan seluruh rombongan


Menikmati keindahan bawah laut tanpa perlu berbasah-basah ria? Ya hanya dengan berwisata menggunakan Odyssey SubMarine. Selamat mencoba ☺☺

Tulisan ini diikutsertakan dalam event #WisataNusantara komunitas Emak Pintar
#travelwriting #liburandibali #kapalselambali #odysseysubmarine



Tidak ada komentar