TO DO LIST H-3 RAMADHAN

TO DO LIST
H-3 Menjelang Ramadhan 1438H

Sebagai umat muslim yang sangat merindukan Ramadhan, rasanya koq semakin dekat dengan hari H, hati saya koq semakin deg-deg an ya? Hmmm. Terdengar lebay tapi sebenernya ini serius lho. Koq rasanya gak pantes gitu kalau kita masih santai-santai saja , engga ada persiapan apa-apa di rumah.
Ada ga sih yang seperti ini? Saya ibu rumah tangga tulen dengan  tiga pasukan kecil dan suami yang sibuk bekerja, Alhasil hampir semua urusan dalam negeri saya yang handle. Selain pastinya persiapan iman dan niat dari diri sendiri, tentu juga seorang ibu perlu mempersiapkan urusan rumah dan anggota keluarganya. Kebayang ga apa-apa aja yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu?
Kadang karena faktor U nih, banyak ngebayanginnya dikit actionnya ! Kalau ga dicatet suka lupa dan kadang banyakan waktu yang terbuang karena kelamaan mikir. Hehehe
Saking bingungnya mau apa dulu yang dikerjakan, akhirnya saya coba bikin to do list seperti ini aja deh. Ada yang senasib dengan saya? Yuk coba disimak dulu catatan harian saya hari ini. Siapa tau bisa membantu para ibu yang bingung mau memulai persiapan menyambut Ramadhan kali ini dari mana ;)

## TO DO LIST si BUNDO ##
1.      Bersih bersih perlengkapan sholat
Supaya semakin semangat beribadah, jangan lupa untuk mencuci mukena dan sarung atau gamis sholat suami dan anak-anak. Sajadah juga perlu dicuci lho.
Ini sudah saya lakukan tadi pagi. Besok tinggal di seterika, lusa sudah bisa dipakai tarawih deh J
Jika ada dana berlebih, boleh juga untuk menambah stok mukena atau sarung baru di rumah. Kan malu, masak mau menghadap Allah Sang Pencipta mukena nya udah ada yang jahitannya lepas atau rendanya kebuka atau malah bolong. Tapi giliran ke arisan eeeh bajunya baru terusss #eaaaa
No hurt feeling ya. Cuma saling mengingatkan aja koq. Intinya ga harus baru sih. Yang penting adalah bersih,rapi dan tidak menerawang. Catet J

2.      Bikin menu untuk minggu pertama puasa
Kenapa cuma satu minggu dulu?
Ibu-ibu biasanya kalau langsung menu 30hari suka keder duluan. Jadi, cukup kiranya kalo kita persiapkan dulu bahan untuk satu minggu. Selain tidak begitu banyak yang harus diingat juga karena mempertimbangkan faktor kesegaran sayuran.
Semalem juga udah nanyain anak-anak, kalau sahur suka nya menunya apa aja? Sambil disodorin buku resep makanan yang gambarnya menggugah selera.
Klik disini untuk contekan menu seminggu pertama ya

3.      Belanja ke pasar.
Kenapa belanja ke pasar harus hari ini? Karena besok kan  tanggal merah. Jadi kesempatan buat saya mempersiapkan bumbu-bumbu masakan untuk keperluan sahur dan buka.
Saya mau bikin bumbu merah, bumbu kuning dan bumbu dasar putih.
Ini penting banget untuk mempersingkat waktu masak di dapur. Apalagi buat ibu yang mengurus rumah tanpa asisten.
Kebetulan kalau di dekat sini pasarnta justru rame di sore hari. Jadi bisa berangkat nanti sore deh.
Klik disini untuk resep bikin bumbu dasar merah, putih dan kuning

4.      Rapikan rumah
Ini nih yang juga harus dikerjakan hari ini dan besok. Mumpung tenaga masih full. Kita mulai dulu dari satu bagian rumah. Misal kamar anak dulu dan kamar pribadi kita. Lalu bagian dapur, terutama di bagian rak piring. Bulan puasa biasanya akan ada sajian berbuka diluar menu makan utama. Siapkan di tempat yang mudah terjangkau mangkok kecil atau gelas untuk persiapan berbuka.
Ganti seprei, taplak meja dan lap-lap dengan yang bersih supaya suasana terlihat rapi dan nyaman.

5.      Buat Agenda kegiatan Ramadhan
Nah, tahun ini saya bertekad untuk membuat target Ramadhan untuk diri sendiri dan untuk anak-anak.
Beberapa tools sudah saya dapatkan dan kumpulkan. Nanti akan saya bagikan di postingan setelah ini ya.
Ada beberapa e-book yang bisa disebarluaskan secara gratis. Insya Allah isinya sangat bermanfaat.
Untuk anak-anak juga tinggal di print saja lalu ditempel. Simple koq bun.

Nah, itu tadi 5 to do list utama saya hari ini. Bagaimana dengan bunda? Mumpung masih setengah hari terlewati, ayo buruan dikira-kira lagi mau ngapain aja hari ini.
Salam sayang penuh semangat menjemput ramadhan ya bu-ibu.

-dhika suhada-

Tidak ada komentar