9 TIPS MENGELOLA THR

 9 TIPS MENGELOLA THR

sumber foto blog.duitpintar.com
Tak dirasa bulan suci Ramadhan telah di penghujung minggu pertama. Kesibukan menyambut Ramadhan sudah mulai beralih pada kesibukan merencanakan dan menyiapkan hari kemenangan nan Fitri. Acara mudik dan silaturahmi di kampung halaman juga sepertinya sudah menjadi agenda wajib. Termasuk adanya salam tempel untuk para sanak saudara.
Ada baiknya jauh-jauh hari kita sudah  merencanakan anggaran khusus edisi lebaran. Terlebih untuk para wanita yang berkarir di perusahaan atau para istri yang suaminya adalah pegawai/karyawan. Tak lama lagi THR akan keluar bersamaan dengan uang gaji. Jangan sampai karena menerima transferan double dari kantor membuat kita silap mata dalam memanfaatkannya.
Yuk, simak tips mengelola THR berikut ini.
1.      Tulis perkiraan dana yang bisa kita gunakan untuk persiapan lebaran. Caranya dengan menghitung perkiraan dana yang akan masuk bulan ini (THR+Gaji bulanan) dikurangi pengeluaran rutin bulanan. Pisahkan anggaran rutin bulanan ke rekening yang berbeda agar tidak mengganggu roda kehidupan anda paska lebaran.
2.      Hitung zakat wajib yang harus dikeluarkan, pisahkan dananya.
3.      Ambil THR anda untuk menambah saldo tabungan atau dengan membeli emas sebagai investasi.
4.      Buat daftar acara rencana lebaran. Jika anda bisa membuat itinerary secara detail tentu akan sangat membantu.
5.      Break down apa saja yang mengeluarkan biaya dan perkiraan biayanya.
6.      Persiapkan anggaran transportasi.
Jika anda akan menggunakan jasa transportasi umum, alangkah lebih baik kalau anda sudah mulai memesan tiket dari sekarang.
Tips hematnya adalah dengan melakukan perjalanan seminggu sebelum lebaran atau mulai dari hari kedua sesudah lebaran. Ini akan meminimalkan budget anda. Silahkan cek di website tiket online untuk membuktikan bahwa harga tiket lebih murah di periode tersebut dibanding H-6 sampai hari H.
7.      Persiapkan anggaran akomodasi.
Jika dalam perjalanan anda harus menginap di hotel, pilihlah hotel yang sesuai kebutuhan. Lebaran akan sangat kental dengan kegiatan silaturahmi. Bisa jadi hotel hanya tempat untuk tidur di malam hari saja. Maka anda tidak perlu memilih hotel dengan fasilitas lengkap. Ini akan berdampak juga pada budget. Tapi jika lebaran ini memang anda gunakan untuk liburan bersama keluarga, maka mulailah browsing untuk berburu penawaran terbaik dari hotel – hotel di kota tujuan.
8.      Persiapkan anggaran konsumsi.
Dalam hal ini selain menyiapkan anggaran konsumsi untuk pribadi juga anggaran untuk makan bersama keluarga besar. Termasuk di dalamnya acara reuni yang kerap kali digelar saat sesudah lebaran.
9.      Persiapkan anggaran untuk buah tangan dan salam tempel.
Jika anda datang dari kota yang jauh, buah tangan berupa makanan basah sangat tidak dianjurkan. Carilah buah tangan yang memiliki tingkat keawetan dan fleksibilitas yang baik. Belum tentu kita sampai di tempat tujuan bisa langsung mengantarkan buah tangan tersebut.
Untuk salam tempel, jangan lupa siapkam amplop ya. Buat list daftar nama siapa saja yang wajib kita beri. Utamakan orang tua dan kakek/nenek, saudara kita yang janda, saudara kita yang yatim piatu,  barulah ke ponakan ponakan dan tetangga. Besarannya bisa disesuaikan dengan budget yang ada.
Nah, ini dia 9 tips mengelola THR yang bisa kamu coba. Jangan sampai besar pasak daripada tiang ya. Jangan sampai juga hari ini lebaran, disambut liburan, endingnya kudu cari lemburan biar ga kelaparan. Bijaksanalah dalam mengelola THR.

Salam THR 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yang Seru Dari Proses Seleksi masuk SMPIT ABY

Rahasia di balik penggunaan Manset Tangan / Handsock